MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK BEROTASI BERBASIS PEMBELAJARAN TIM PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO

agus gozali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran praktik yang meliputi peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kejuruan Memperbaiki Sistem Pengisian Siswa Kelas XI TKR-A SMK Negeri 1 Purworejo.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR-A yang berjumlah 16 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran praktik pada mata pelajaran kejuruan memperbaiki sistem pengisian. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 86,72%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 89,52, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 94,57, dengan kriteria sangat baik.

Kata-kata kunci: efektivitas, metode, berotasi, pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.