KARAKTERISTIK KURIKULUM PENDIDIKAN KEJURUAN DALAM MEMBENTUK PROFESIONALISME TENAGA KERJA
Abstract
Kurikulum sebagai suatu rancangan dalam pendidikan memiliki posisi yang strategis, karena seluruh kegiatan pendidikan bermuara kepada kurikulum. Begitu pentingnya kurikulum sebagaimana sentra kegiatan pendidikan, maka didalam penyusunannya memerlukan landasan atau fondasi yang kuat, melalui pemikiran dan penelitian secara mendalam.
Kurikulum antar jenjang perlu di bedakan. Kurukulum Sekolah Dasar (SD), Sekolah Mnegah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan Sekolah mennegah Kejuruan (SMK) mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. SMK mmepunyai karakteristik khusus yang berbeda dengan seklah lain di antaranya:orientasi, justifikasi, fokus, Kriteria Keberhasilan di Sekolah dan Luar Sekolah (Dual Criteria), Hubungan antara Sekolah –Masyarakat dan Keterlibatan Pemerintah, kepekaan, dan Logistik/ Sarana Prasarana dan Pembiayaan. Dari karakteristik pendidikan kejuruan jika di erapkan secara profesional akan memberi dampak pada profesionalisme tenaga kerja sehingga output dari lulusannya akan mudah terserap di dunia kerja dan dunia industri.
Kata kunci: karakteristik, kurikulum, kejuruan, tenaga kerja
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.