UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO

Yusuf Sutrisno, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran PROBING-PROMPTING. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi.
Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif. Hasil penelitian pada kemandirian belajar siklus I sebesar 50% siswa masuk kategori baik, kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Sedangkan dari prestasi belajar diperoleh rerata persentase mencapai 70% lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% dengan adanya alat peraga dan kumpulan soal dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Sehingga, dapat di simpulkan pembelajaran PROBING-PROMPTING dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan prestasi belajar pada siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian, metode pembelajaran PROBING-PROMPTING dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.


Kata kunci: Kemandirian Belajar, Prestasil Belajar, Probing-Prompting


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.