PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ALAT BERAT DENGAN METODE PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Bambang Sudarsono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Merancang desain metode PBL dalam Mata Kuliah Alat Berat; dan (2) Meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dengan metode PBL pada Mata Kuliah Alat Berat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester 5 yang dilaksanakan pada bulan September 2017-Januari 2018.
Metode PBL yang diterapkan pada mata kuliah alat berat dapat meningkatkan aktivitas belajar PBL bagi mahasiswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya skor aktivitas belajar yang merupakan penjabaran dari langkah-langkah PBL pada setiap siklusnya. Skor aktivitas belajar mahasiswa pada siklus pertama sebesar 57%, siklus kedua 75%, siklus ketiga 85,7% dan siklus keempat 92,8% dari jumlah skor maksimal 28. Siklus kedua terjadi peningkatan skor aktivitas sebesar 18% dari siklus pertama, pada siklus ketiga terjadi peningkatan 10,7% dan pada siklus keempat terjadi peningkatan skor aktivitas belajar sebesar 7,1%.


Kata kunci: Aktivitas belajar dan metode pembelajaran, Problem Based Learning


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: