PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VIDEO SISTEM REM SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK PUSPA JATI BULUSPESANTREN KEBUMEN

Mukhamad Arif Susilo, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran sistem rem sepeda motor dangan menggunakan media audio video pada siswa kelas XI teknik sepeda motor SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2017 / 2018. 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pebelajaran audio video sistem rem sepeda motor pada siswa kelas XI teknik sepeda motor SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen yang berjumlah 50 siswa. Dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian.Uji analisis data hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran audio video meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran audio video layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,25. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,12. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,12 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,27 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 81,4 dan nilai rata – rata kelas kontrol 77,4.Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar pada siswa SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, MinatBelajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: