PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN KOMPETENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR 7 DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN TAHUN AJARAN 2017/2018

Vendy akhmad setyadi, Suyitno Suyitno

Abstract


ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran alat peraga, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga pada kompetensi sistem penerangan di SMK Cipta Karya Prembun. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 7 TKR SMK Cipta Karya Prembun yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan tes untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran alat peraga sistem penerangan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Listrik Otomotif, di SMK Cipta Karya Prembun hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 88.33% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85% dari skor kriterium. Media pembelajaran alat peraga sistem penerangan juga telah memenuhi kriteria pada media pembelajaran dengan skor 82,71% dan uji tes praktek pada lembar work sheet dengan kelulusan mencapai 85,7%, sehingga terjadi kenaikan siswa yang lulus kompetensi 42,8%.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem penerangan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: