EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL/GARDAN PADA KELAS XI TKR SMK KARYA MANDIRI NUSAWUNGU

Puji Priya Handayani, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pembuatan media pembelajaran system gardan siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Karya Mandiri Nusawungu, 2) Mengetahui efektifitas pembelajaran pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Karya Mandiri Nusawungu setelah menggunakan media pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR 2. Kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).
Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini dibuktikan perhitungan statistik perbandingan rata – rata indeks gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,765 denga p = 0,000 < 0,05 yang berarti menunjukkan terdapat peningkatan nilai pretest ke postest (indeks gain) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Kata-kata kunci : Efektifitas, Media Pembelajaran, System Gardan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: