PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PRAKTEK MEMBUBUT SISWA JURUSAN MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH I SALAM

Bambang Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam praktek membubut, minat dan kesiapan guru menghadapai perkembangan media serta mensosialisasikan penggunaan media Power Point kepada guru.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pada penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI TPB Jurusan Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Salam.
Multimedia powerpoint Peran multimedia powerpoint dalam pembelajaran dapat meningkatkan daya paham siswa terhadap materi yang disampaikan. Dari 40,63 % (13 responden) memberikan persepsi dalam kategori sangat baik dan 46,86 % (15 responden) memberikan persepsi dalam kategori baik. Dengan demikian penguasaan teori praktek membubut siswa kelas 2 jurusan Teknik Mesin SMK N 2 Depok Yogyakarta setelah digunakan multimedia pembelajaran dalam kategori baik.


Kata Kunci: Multimedia, Power Point, Membubut


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i02.4876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: