EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LINGKUNGAN HIDUP (MK3LH) SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BINANGUN

Johan Cahyadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai untuk mengetahui Efektivitas
Penerapan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan metode ceramah pada Mata
Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (MK3LH) Siswa
Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.
Metode yang digunakan adalah metode tes awal dan tes akhir dengan kelompok
kontrol (The Randomized Pretest-Posttest Group Design). Metode tes ini diberikan setelah
peneliti melakukan pembelajaran pada dua kelas dengan soal yang sama. Tes ini dilakukan
siswa dengan mengerjakan lembar evaluasi pada mata pelajaran Menerapkan Keselamatan
dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja (MK3LH). Bentuk tes pilihan ganda berjumlah 25 soal
dengan pilihan A, B, C, D, dan E. Kemudian hasil tes tersebut digunakan untuk menguji
kebenaran hipotesis.
Hasil belajar pada Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Lingkungan Hidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun
yang menggunakan model pembelajaran joyfull learning dengan rata-rata nilai pretest
67,33, rata-rata postest 79,17 dan indeks gain 0,370. Pada kelas kontrol yang
menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai pretest 67,73, ratarata
postest 74,93 dan indeks gain 0,229. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitas
pembelajaran joyfull learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada
Kompetensi Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan
Hidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.


Kata-kata kunci : Metode Joyfull Learning, Kesehatan dan Keselamatan Kerja


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: