PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN CHASIS KELAS XI SMK PATRIOT PITURUH

Eri Rubiyanto, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan media
pembelajaran,mengetahui kelayakan media pembelajaran, 2) efektivitas media
pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan pada
kompetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI
SMK Patriot Pituruh.
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development R & D. Subjek
penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR A dan kelas XI TKR B SMK Patriot Pituruh
sebanyak 60 siswa yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 30 siswa dan
kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang
digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tipe
rack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada
kopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli
media dengan persentase 76.66%, dan validasi oleh dosen ahli materi dengan persentase
83,33% dari. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhi
kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba
kelompok kecil memperoleh 97% yang meliputi 5 siswa , dan uji coba kelompok besar
memperoleh 83% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 79,50%
sedangkan pada kelas kontrol hanya 72,00%. Prestasi belajar siswa kelas ekperimen lebih
besar dibandingkan kelas kontrol berdasarkan hasil persentase skor tersebut. Melalui uji
normalitas diperoleh p=0.172, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal,
melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,312 dengan p=0.680, karena p>0,05 maka
kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%,
hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,663 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengan
demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh.


Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem Kemudi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: