UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA BAHAN BAKAR TIPE DISTRIBUTOR DI SMK N 4 PURWOREJO

Faried Kurnia, Suyitno Suyitno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMK
Negeri 4 Purworejo dengan media pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe
distributordan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Purworejo dengan
media pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributor.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahap penelitian terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2
siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah
siswa SMK N 4 Purworejo kelas XI TKR B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32
siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan dengan media
pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributordapat meningkatkan 1) keaktifan
belajar siswa yaitu siswa mampu bertanggungjawab dengan mengerjakan soal sendiri dan
aktif dalam pembelajaran dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 60,50% dengan
kategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,00% pada siklus II dengan
kategori Baik. 2) kemampuan siswa menyelesaiakan soal tes dengan perolehan rerata
persentase yaitu 66,30% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II
menjadi 79,10% dengan kategori Baik. Penelitian dilakukan hanya 2 siklus karena siklus I
belum memenuhi kriteria peniaian, sedangkan pada siklus II sudah memenuhi kriteria
penilaian.


Kata-kata Kunci : Keaktifan Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: