PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET MENGGUNAKAN AUTOCAD SERIES TERHADAP PRESTASI PADA SISWA SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO

Eko Sulistyanto Prabowo, Widiyatmoko Widiyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1). menerapkan penelitian Quasy eksperiman dengan metode pengembangan media pembelajaran Jobsheet menggunakan Autocad series terhadap pretasi pada siswa SMK institut indonesia kutoarjo, dan 2). mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran Jobsheet terhadap prestasi pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasy eksperimen. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK institut indonesia tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 65 siswa dalam 2 kelas XI A dan XI B. Aspek ini meliputi pemahaman icon, pemahaman garis gambar, dan pemahaman gambar pada program Autocad siswa yang menunjukan hasil belajar siswa dan tindakan pembalajaran yang ditunjukan oleh Guru sebagai indikator keterlaksaan pembelajaran program Autocad.
Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik penilaian dan persentase. Analisis data untuk mencari persentase rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat dari 2 kelas. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa dari persentase kelas kontrol 67,69% kategori cukup, dan meninggat menjadi 68,73% dikelas ekperimen.
Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggambar berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi. 1). Hasil uji normalitas perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh p = 0,060 karena p = 0.05 menunjukan kedua kelompok berdistribusi normal. 2). Hasil uji t perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 1,324 dengan p = 0,191 > 0,05 menunjukan ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol 67,69 dan nilai rata-rata eksperimen 68,73. Dari data tersebut maka hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, berarti membuktikan prestasi belajar kelas XI telah meningkat daripada sebelumnya.


Kata kunci : metode pembelajaran program Autocad , hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: