PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS KELAS XI TKR SMKN 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Rohmanato Rohmanato, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan pada kopetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR I dan kelas XI TKR II SMKN 6 Purworejo sebanyak 63 siswa yaitu kelas XI TKR I sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI TKR I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli media dengan hasil 71.66% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi dengan hasil 90,00% dari skor kriterium. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh 88,00% yang meliputi 5 siswa , dan uju coba klompok besar memperoleh81,12% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 77,74% sedangkan pada kelas kontrol hanya 71,09%. Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dan yang menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion . Melalui uji normalitas diperoleh p=0.142, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,948 dengan p=0.850, karena p>0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,310 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem kemudi, prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: