PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PANCASILA 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ahmad Agil Algal

Abstract


ini bertujuan untuk 1). meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam bidang sistem stater. 2.) memudahkan guru untuk memberi penjelasan terhadap siwa agar mudah dipahami. 3.) Meningkatkan motivasi pembelajaran dan hasil belajar khususnya mata pelajaran sistem stater.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).
Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 6,955 dengan p=0,000) dan hasil belajar (thitung = 3,389 dengan p=0,001) siswa Kelas XI TKR SMK Pancasila 1 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 35 orang telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar.


Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Starter


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: