UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS XI TKR SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP.

Eka Rini Widiastuti, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat 2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa; 3) untuk mengetahui bagaimanakah prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS); 4) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran sistem bahan bakar bensin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Majenang yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang gunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan persentase minat dan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 68,14% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 71,25% pada siklus II Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,42 dengan ketuntasan 19,44% meningkat menjadi rata-rata 74,44 dengan ketuntasan 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 80,42 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.


Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Minat, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: