PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP

Kuswanto Kuswanto, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi pembelajaran pada praktik pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). 2) mendapatkan bukti peningkatan prestasi pembelajaran praktik pengelasan setelah diterapkan model Project Based Learning (PBL).
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) A di SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap dengan Subyek penelitian adalah siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desai Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) penerapan pemberalajaran menggunakan Project Based Learning di kelas TKR Smk Muhammadiyah Majenang Cilacap dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sesuai dengan KKM ( Kriteria ketuntasan minimum ) yaitu 75 dengan presentase siswa mencapai 80% atau lebih. 2) Peningkatan prestasi tersebut dapat terlihat dari nilai prestasi yang didapat, dimana sebelum penelitian nilai yang didapat sebesar 65,8 dengan tingkat kelulusan sebesa3 13,89%, siklus I 73,8 dengan tingkat kelulusan sebesar 71,22% dan siklus 2 sebesar 82,0 dengan tingkat kelulusan siswa 100%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pembelarjaran praktik pengelasan.


Kata kunci : Model Projeect Based Learning, Prestasi Pembelajaran, Praktik Pengelasan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: