SISWA KELAS X MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR MELALUI METODE PRODUCTION BASED TRAINING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP

Ahmad Ghufron Muzaki, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada Mata diklat otomotif dasar Siswa Kelas X-A SMK Muhammadiyah Purworejo.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X -A yang berjumlah 30 orang.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II adalah pembelajaran sekaligus tes praktik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Aspek yang diteliti meliputi hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran praktik menggunakan metode Production Based Training.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Mata Diklat Otomotif Dasar Melalui Metode Production Based Training. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 82,56%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,00, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 84,68, dengan kriteria sangat baik.


Kata-kata kunci: hasil, aktivitas, metode, Production Based Training


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract: