PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SISTEM KEMUDI KELAS XI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN AJARAN 2017/2018

Galuh Suryo Kesumo, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi kompetensi Kemudi kelas XI TKR di SMK Patriot Pituruh setelah penerapan metode demostrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek penelitian kelas XI TKR SMK Patriot Pituruh Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Patriot Pituruh dalam kompetensi Kemudi. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%.


Kata kunci: Penerapan Metode Demonstrasi, Penerapan Media, Hasil belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.