PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TAMTAMA KROYA TAHUN AJARAN 2017/2018

Aji Prasetya, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat produk pengembangan media pembelajaran alat praga stand diferential untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pemindah tenaga siswa kelas XI Tkr 1 dan Tkr 4. 2) Untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran alat praga stand diferential untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pemindah tenaga siswa kelas XI Tkr 1 dan Tkr 4. dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat pragaa stand diferential dalam pembelajaran sistem pemindah tenaga.
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian siswa kelas XI Tkr SMK TAMTAMA Kroya Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket). Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem Differential meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran sistem Differential layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 78,57. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 90. Media pembelajaran sistem Differential juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 85,5 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 95,1 yang meliputi 30 siswa. 3) Pada Hasil belajar siswa menunjukkan Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media sistem Differential dan yang menggunakan media sistem Differential. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.168, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,446 dengan p = 0.123, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 4,988 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 70,91 dan nilai rata – rata kelas kontrol 79,17. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran sistem Differential dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, sistem Differential, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v12i01.4861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.