PENGARUH MOTIVASI BELAJAR OTOMOTIF DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA

Khayun Khayun

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang berjumlah 511 orang siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 180 siswa di mana dalam menentukan sampel tersebut menggunakan tabel Kretjie. Angket diuji coba di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu : motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan kesiapan kerja sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar kejuruan otomotif, sedangkan untuk motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar  menggunakan metode angket. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan rumus alpha Cronbach. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi parsial dan regresi ganda.

Berdasarkan analisis ditemukan bahwa Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja baik secara sendiri-sendiri maupun bersama–sama. Dengan demikian jelaslah bahwa semakin tinggi Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin tinggi pula Kesiapan Kerja, dan sebaliknya semakin rendah Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin rendah pula Kesiapan Kerja siswa.

 

Kata kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Kesiapan Kerja.




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.