PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui proses pengembangan media interaktif untuk pembelajaran pengukuran teknik, 2) untuk mengetahui efektivitas pengembangan media interaktif untuk pembelajaran pengukuran teknik.
Penelitian ini merupakan research and development. Tempat penelitian di Program studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Obyek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Pengukuran Teknik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Analisis data dengan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian antara lain, 1) proses pembuatan media pembelajaran pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu : a) analisis kebutuhan, b) pengembangan produk, yang meliputi desain indeks, navigasi dan konten. c) uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan implementasi produk akhir. 2) produk multimedia ini bisa digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan pemahaman materi pengukuran teknik. Ada perbedaan hasil belajar mahasiswa. Media interaktif pengukuran teknik lebih efektif dari pada media konvensional. Ini dapat di lihat dari perbedaan antara kelas kontrol (konvensional) dengan nilai rata-rata 6,31667 dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 7,1567.
Kata kunci : Media, Pembelajaran, interaktif dan Hasil Belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.