PERSEPSI SISWA TERHADAP PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PPL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO DI SMK YEPEKA PURWOREJO

Heri Kusnandar Heri Kusnandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya persepsi siswa terhadap praktik  mengajar mahasiswa PPL Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012. Pengambilan data menggunakan Isntrumen angket tertutup, dengan menggunakan alternatif jawaban ya atau tidak. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotik SMK YEPEKA Purworejo Tahun 2012 sejumlah 27 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan persentase skor total persepsi siswa terhadap mahasiswa PPL I yaitu 85,18% persepsi siswa Tinggi, 14,82% persepsi siswa Rendah. Sedangkan hasil perhitungan persentase skor total diatas mahasiswa PPL II yaitu 44,45% persepsi siswa Tinggi, 55,56% persepsi siswa Rendah. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL I Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012 adalah Tinggi. Sedangkan persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL II Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012 adalah Rendah. Berdasarkan perhitungan skor total mahasiswa PPL I dan PPL II, persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL Teknik Otomotif UMP di SMK YEPEKA Purworejo Tahun 2012 adalah Tinggi 64,81%.

Kata-kata kunci : Persepsi Siswa, Praktik mengajar, Mahasiswa PPL




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.