PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN RODA DAN BAN

Aji Listio Nugroho Aji Listio Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran roda dan ban pada siswa kelas X.I TKR SMK ASH-Shiddiqiyah Balingasal dengan diterapkannya model pembelajaran TAI dan mengetahui apakah metode TAI efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran roda dan ban siswa kelas X.I TKR SMK ASH-Shiddiqiyah Balingasal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X.1 TKR SMK ASH-Shiddiqiyah Balingasal tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dan rerata. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil persentase peran aktif siswa dalam kerja kelompok  pada tindakan siklus I pertemuan pertama 72% dan pertemuan kedua siklus I 73% selanjutnya pada tindakan siklus II pertemuan pertama 78% dan pertemuan kedua pada siklus 78%. Ini berarti ini berarti peran aktif siswa dalam kelompok mengalami peningkatan. Hasil tes belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,75 menunjukan hasil pembelajaran roda dan ban siswa termasuk cukup baik. Pada siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata 77,00 pada pembelajaran roda dan ban siswa termasuk kategori baik. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil pembelajaran roda dan ban siswa kelas X.I TKR SMK ASH-Shiddiqiyah Balingasal

 

Kata kunci : Pembelajaran, Teams Assisted Individualization, Roda dan Ban.




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.