PENGGUNAAN METODE GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIKLAT SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode group discussion pada mata diklat sistem bahan bakar motor bensin di SMK Negeri 6 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo. Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan berbeda secara signifikan. Pada siklus I sebsanyak 17 siswa yang tuntas dan dengan prosentase sebesar 62,96%, pada siklus II ketuntasan meningkat kembali menjadi 23 siswa yang tuntas dengan prosentase ketuntasan 85,13%. Dari segi aktivitas belajar siswa pada siklus I belum adanya saling kerja sama dalam kelompok meningkat pada siklus II yang terjalin kerjasama di dalam kelompok, sehingga aktifitas siswa dapat meningkat selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan group discussion dalam mata diklat sistem bahan bakar motor bensin di kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo dilihat dari prosentase mulai dari 55,55% meningkat menjadi 88,89%.
Kata kunci : group discussion, prestasi belajar, sistem bahan bakar, motor bensin.
DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.