PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO SISTEM KOPLING MOBIL PADA MATA KULIAH SISTEM PEMINDAH TENAGA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Wahyu Hidayat, Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran sistem pemindah tenaga pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan 4) untuk mengetahui motivasi mahasiswa terhadap media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo semester IV tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Hasil penelitian dapat disimpilkan sebagai berikut : 1) Dari bentuk keseluruhan media yang sudah disesuaikan, dan beberapa uji coba dilakukan peneliti salah satunya dengan mengisi angket yang berisi 15 butir soal, pada kelompok kecil mengahasilkan 77% dan kelompok besar 86%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran mahasiswa, 2) Data yang didapat dari pengisian angket terdapat selisih 31%, dengan data hasil pengisian angket kelompok eksperimen 83%, dan kelompok kelas kontrol 52%. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa media audio video sistem kopling mobil dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, 3) Hasil dari angket dan t hitung dengan standar t tabel dapat diamati bahwa ada perbedaan dari rata-rata angket yang diisi mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang didapat dengan standar t tabel 1,645 dan menghasilkan t hitung sebesar 7,19. Data ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang digunakan cukup efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran maupun pengembangan media lebih lanjut di masa depan.


Kata kunci : Media pembelajaran, audio video, sistem kopling, motivasi belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.