PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAT PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA MENGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Teguh waluyo aji, Dwi Jatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui proses pembuatan media berbasis alat peraga sebagai upaya meningkatkan minat belajar mata kuliah TSM (Teknik Sepeda Motor). 2)Mengetahui kelayakan media berbasis alat peraga sebagai upaya meningkatkan minat untuk pembelajaran mata kuliah TSM (Teknik Sepeda Motor). 3)Mengetahui penggunaan media berbasis alat peraga dapat meningkatkan minat belajar mata kuliah TSM (Teknik Sepeda Motor).
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa media pembelajaran layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media menunjukan skor rata – rata 85. Validasi dari ahli materi menunjukan skor rata – rata 77,5. Media pembelajaran juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 84, yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 79,6 yang meliputi 25 mahasiswa. Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar yang tidak menggunakan media dan yang menggunakan media stand sisitem penerangan. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.124, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 1,320 dengan p = 0,256, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya t hitung 8,966 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 82,5 dan nilai rata – rata kelas kontrol 69,9. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran stand system penerangan sepeda motor dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa.


Kata kunci : Media Pembelajaran, Alat Peraga, Minat Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.