PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAT PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ahmad Fajar Darojat, Dwi Jatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan prosedur pembuatan media pembelajaran berbasis alat peraga tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata kuliah Teknik Sepeda Motor (TSM). (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis alat peraga untuk pembelajaran mata kuliah Teknik Sepeda Motor (TSM). (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran Teknik Sepeda Motor (TSM) setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis alat peraga.
Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 50 mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D).Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan tes untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian.Ujianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Teknik Sepeda Motor ( TSM ),hal ini dapat dibuktikan dari hasil menunjukkan angka 77.50 % dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 87.50% dari skorkriterium.Media pembelajaran alat peraga sistem penerangan juga telah memenuhi criteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meiputi uji media kelompok kecil memperoleh 83.00% yang meliputi 5 mahasiswa, uji media kelompok sedang memperoleh skor 84.24 % yang meliputi 10 mahasiswa, dan uji media kelompok besar memperoleh skor 78.20 % meliputi 25 mahasiswa. Setelah diuji prasyarat analisis data disimpulkan berdistribusi normal dan homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu7.97>2.06. Dengan demikian terjadi perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran alat peraga sistem penerangan.


Kata kunci: Media Pembelajaran Sistem Penerangan, Hasil Belajar


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.