UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK N 4 PURWOREJO

Eko Nur Cahyo, Bambang Sudarsono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK N 4 Purworejo kelas XII TKR B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan 1) metode pembelajaran Think Pair Share (TPS),dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Ditunjukkan pula dari hasil observasi aktifitas belajar siswa pada siklus sebesar 74,84%.Sedangkan pada siklus II hasil persentase aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu telah mencapai 84,89%.2) Metode pembelajaran Think Pair Share (TPS),dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ditunjukkan dengan perolehan hasil tes Pada siklus I sebesar 66,3% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 79,1% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 12,8%.


Kata kunci : Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Think Pair Share


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.