PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTOR BENSIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Kamal Priyana, Arif Susanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas hasil belajar terhadap media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D(Research and Development).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 mahasiswa.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran motor bensin yang di kembangkan oleh peneliti meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk sampai uji coba pemakaian. (2) Media pembelajaran motor bensin cukup layak digunakan untuk pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan tahap kelayakan oleh ahli media mendapatkan 75% dengan kategori “cukup valid”, serta ahli materi mendapatkan 80% dengan kategori “valid”.Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran motor bensin ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 82,40%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan kategori “valid”. (3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian hasil belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 72,60 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 79,20 dengan selisih rata-rata sebesar 6,60.


Kata Kunci : Media pembelajaran, Hasil Belajar, Motor bensin

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.