PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM B PADA MATERI KOMPETENSI BATERAI DI SMK NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ibnu Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar
pada pembelajaran materi kompetensi baterai kelas X TSM B di SMKN 8
Purworejo setelah diterapkan pembelajaran metode Tutor Sebaya.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action
research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1)
Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek
penelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017
sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah
deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X
TSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi baterai. Hasil belajar siswa
meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat
menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81
dengan prosentase pencapaian 84%.


Kata kunci : Peer Teaching, Metode Tutor Sebaya, Metode Ceramah, Hasil
Belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.