UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

M. Chairul Aris, Bambang Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan sistem pengapian konvensional, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa Kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa tuntas pada observasi awal yaitu 50,74%, nilai pada siklus I menjadi 62,59%, dan pada siklus II menjadi 72,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen dengan ditandai meningkatnya hasil pembelajaran.


Kata kunci : Prestasi belajar, Sistem Pengapian Konvensional, Metode Pembelajaran Problem based learning


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.