PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM MATA KULIAH SISTEM KEMUDI, REM DAN SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 4 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Luqmanul Khakim, Aci Primartadi

Abstract


Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan prosedur pengembangkan media pembelajaran alat peraga sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi terhadap kegiatan pembelajaran mahasiswa semester 4 Universitas Muhammadiyah Purworejo 2) mengetahui kelayakan media alat peraga sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi. 3) mengetahui minat belajar dengan media sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi.
Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) Prosedur pengembangan media pembelajaran sistem rem meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,revisi desain, uji coba prodak, revisi produk, uji coba pemakaian, menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran. 2) Didapatkan hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap media yang dibuat termasuk memperoleh skor 34 dari total skor maksimal 40 dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran ini termasuk klasifikasi Baik. Dari penilaian ahli materi mendapat penilaian jumlah skor 33 dari total skor maksimal 40 dengan persentase 82.5% dinyatakan Baik untuk digunakan dalam penelitian. menurut data tersebut media sistem rem layak digunakan sebagai media pembelajaran. 3) Hasil perbandingan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol membuktikan bahwa minat belajar kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,95 lebih tinggi dari kelas kontrol yang mendapat nilai 69,51 dari hasil perbandingan tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran sistem rem berhasil meninggkatkan minat belajar.


Kata Kunci: Media pembelajaran, alat peraga, minat belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i01.4303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.