PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO PADA MATA DIKLAT MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Adhi Wibowo, Widiyatmoko Widiyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah. 2)bagaimana kelayakan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen. dan 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran audio video meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran audio video layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,37. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,36. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,10 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,15 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 82.8 dan nilai rata – rata kelas kontrol 78,7. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar siswa.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, Minat Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i01.4301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.