UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA AUTO CUT OFF CHARGER

Muhammad Sa’dudin Ataf Tazani, Bambang Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media auto cut off charger yang diaplikasikan pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Populasi yang diambil adalah siswa SMK N Nusarwungu yang mendapatkan materi sistem kelistrikan baterai. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X TKR 1 dengan jumlah 35 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain pretest-postest. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektif pretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji normality test dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran auto cut off charger yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif, di SMK N Nusawungu hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 75% dari skor kriterium. Media pembelajaran auto cut off charger juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa melalui dua tahap uji coba yaitu, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa, uji coba kelompok kecil memperoleh 86.66% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar atau tahap akhir yang memperoleh skor 86.85% yang meliputi 35 siswa. Pada hasil aktivitas dan hasil belajar siswa juga menunjukkan prestasi peningkatan dari yang sebelum menggunakan media auto cut off charger dan sesudah menggunakan media auto cut off charger.
Hasil Penilaian aktivitas belajar siswa menunjukan peningkatan dari nilai 43,73 % sebelum menggunakan media menjadi 81,25 % dengan menggunakan media auto cut off charger. Sementara Hasil Evaluasi Belajar Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih kecil dari harga t-tabel yaitu -26.824 < -2.193. Dengan demikian ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Auto Cut Off Charger, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i01.4300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.