PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ππ₯1π¦ sebesar 0,644 dan π‘βππ‘π’ππlebih besar dari π‘π‘ππππ sebesar 6,402>1,989. 2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ππ₯2π¦ sebesar 0,630 dan π‘βππ‘π’ππlebih besar dari π‘π‘ππππ sebesar 6,274>1,989. 3)Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersam-sama dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ππ¦(1,2) sebesar 0,645 dan πβππ‘π’ππlebih besar dari ππ‘ππππ sebesar 25,561>3,11.
Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i01.4298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Β
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.