MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI

Sandika Yoga Pratama, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran pada saat ini didalam kelas; (2) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan hasil belajar, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi; (3) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan minat belajar siswa, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda yang digunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) melalui proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan persentase minat belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 73,87% pada siklus I dan mengalami peningkatan 76% pada siklus II; sedangkan (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,25 dengan ketuntasan 15% meningkat menjadi rata-rata 73,25 dengan ketuntasan 55% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 75,75 dengan ketuntasan 80% pada siklus II.


Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, minat, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i01.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.