PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TMS SMK ISLAM JIPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi dan
kerjasama belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Otomotif
dengan fokus materi Tune-Up. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
Siswa SMK Islam Jipang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, data
dikumpulkan dengan menggunakan cara dokumentasi, observasi, angket, dan tes hasil
belajar. Data dari hasil belajar siwa dianalisis dengan menghitung rerata dan persentase
pada skor siswa. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui peningkatan
kerjasama dan prestasi belajar siswa diketahui dari hasil belajar siswa terhadap
pembelajaran otomotif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian siswa belum terbiasa dengan
pembelajaran model kooperatif tipe TPS, Langkah yang diambil untuk memperbaiki
kekurangan pada siklus I adalah dengan lebih memotivasi siswa untuk lebih giat dalam
belajar. (2) Hasil persentase kerjasama siswa pada siklus II meningkat setelah dilakukan
perbaikan. Hal ini terlihat bahwa persentase kerjasama siswa mencapai 83,20% dan
sudah memenuhi batasan terendahnya. (3) Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II ini
mengalami peningkatan dibanding pada siklus I. Ditunjukkan dengan rerata nilai evaluasi
belajar siswa sudah yang mencapai 81,87 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai
70 sudah mencapai 31 siswa atau 93,75%.
Kata kunci : Metode TPS, Kerjasama dan Prestasi
kerjasama belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Otomotif
dengan fokus materi Tune-Up. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
Siswa SMK Islam Jipang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, data
dikumpulkan dengan menggunakan cara dokumentasi, observasi, angket, dan tes hasil
belajar. Data dari hasil belajar siwa dianalisis dengan menghitung rerata dan persentase
pada skor siswa. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui peningkatan
kerjasama dan prestasi belajar siswa diketahui dari hasil belajar siswa terhadap
pembelajaran otomotif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian siswa belum terbiasa dengan
pembelajaran model kooperatif tipe TPS, Langkah yang diambil untuk memperbaiki
kekurangan pada siklus I adalah dengan lebih memotivasi siswa untuk lebih giat dalam
belajar. (2) Hasil persentase kerjasama siswa pada siklus II meningkat setelah dilakukan
perbaikan. Hal ini terlihat bahwa persentase kerjasama siswa mencapai 83,20% dan
sudah memenuhi batasan terendahnya. (3) Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II ini
mengalami peningkatan dibanding pada siklus I. Ditunjukkan dengan rerata nilai evaluasi
belajar siswa sudah yang mencapai 81,87 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai
70 sudah mencapai 31 siswa atau 93,75%.
Kata kunci : Metode TPS, Kerjasama dan Prestasi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i02.3931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.