PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM TRANSMISI PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN AJARAN 2016/2017

Qyki Junaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tahapan membuat produk
pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk diterapkan sebagai media
pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada kompetensi sistem
transmisi di SMK Muhammadiyah Purwodadi, (2) Untuk mengetahui prosedur
pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia pembelajaran interakti f system
transmisi kelas XII SMK Muhammadiyah Purwodadi, (3) Untuk mengetahui peningkatan
Prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran sistem transmisi di
kelas XII SMK Muhammadiyah Purwodadi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development).
Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran
2016/2017, yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan
teknik deskripsi presentase.
Dari hasil penelitian dan pengembangan ini, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut: (1) Proses pembuatan media pembelajaran interakttif system transmisi ini
menggunakan software aplikasi Adobe Flash professional CS 6 secara prinsip merupakan
penggabungan teks, gambar, audio dan video yang diintegrasikan membentuk suatu
media yang siap pakai, (2) Tahap pengembangan media pembelajaran interakttif system
transmisi pada siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi telah meliputi
pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,
perbaikan desain, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk, (3) Prosedur
pelaksanaan pembelajaran ystem transmisi pada siswa Kelas XII TKR SMK
Muhammadiyah Purwodadi dengan media interaktif, kegiatan dalam prosedur
penelitian ini merupakan proses yang berurutan meliputi studi pendahuluan,
pengembangan prototipe, dan uji lapangan, (4) Perhitungan statistitik uji beda rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol diperoleh t hitung
3.058 lebih besar dari harga t tabel 1,684. artinya rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interktif, Sistem transmisi, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i01.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.