Hak Cipta 2024 slot online| All Rights Reserved By Rajalangit88 | 18+
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN | Suyitno | Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

Susilo Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan
media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah
Kutowinangun, 2) Mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran
trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun,
3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR
SMK Muhammadiyah Kutowinangun, dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajar
system kelistrikan mobil siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun
setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data
berupa kuesioner dan soaltes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).
Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Proses pembuatan media pembelajaran
system berupa trainer kelistrikan dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan
dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai,
2) Tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan telah meliputi
pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,
perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi
produk, 3) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba
kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak
digunakan sebagai media pembelajaran, 4) Hasil uji beda membuktikan bahwa media
pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung =
5,131 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran
sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam uji coba kelompok
besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata prestasi belajar
82,63 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 73,00.


Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Trainer Kelistrikan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i01.3925

Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.