PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA STUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH CAD MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Alang Ciputra Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) mendeskripsikan prosedur pengembangkan media pembelajaran dengan camtasia studio 6 yang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata kuliah CAD, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan camtasia studio 6 untuk pembelajaran mata kuliah CAD dan 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran camtasia studio 6 yang diaplikasikan pada mata kuliah CAD. Penelitian ini merupakan Reseach and Development (R & D). Hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran camtasia studio meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran camtasia studio ini dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar pada mata kuliah CAD, di Universitas Muhammadiyah Purworejo. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa semester 2 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Media camtasia studio lebih efektif daripada media konvensional, dapat dilihat dari rerata kelas eksperimen sebesar 88,54 yang lebih besar dari rerata kelas kontrol sebesar 76,26.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Camtasia Studio, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i01.3918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.