PERAN GURU PROFESIONAL DAN ALAT PRAKTIK SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI DUNIA INDUSTRI OTOMOTIF
Abstract
Kontribusi guru SMK Teknik Kendaraan Ringan dalam pencapaian kompetensi siswa SMK TKR menjadi hal utama dalam menyiapkan lulusan sekolah untuk menjadi calon tenaga kerja yang kompeten. Untuk mencapai tujuan diatas diperlukan guru yang profesional dan sarana prasarana di SMK yang memadai. Profesionalitas berkaitan erat dengan kompetensi, kualitas, dan pemahaman dalam bidang pekerjaan yang dijalani. Hal nyata yang terjadi di SMK TKR menunjukkan bahwa kurangnya profesionalitas guru dan sarana prasarana SMK program keahlian TKR masih belum mencukupi. Penelitian ini merupakan evaluasi yang harus dilakukan dalam menyiapkan guru profesional dan memberikan sarana prasarana siswa yang baik di SMK TKR. Guru yang kompeten disiapkan sejak dini dengan diklat secara disiplin, fokus, dan berkala serta memberikan pembinaan guru saat berada di SMK sebagai pengembangan profesionalitas. Pengembangan profesionalitas guru dapat juga dilakukan dengan pemagangan di Dunia Kerja Otomotif. Sedangkan dalam hal sarana prasarana SMK harus melakukan kerja sama mitra dengan dunia industri melalui praktik industri, Forum Guide Discussion dalam pembuatan kurikulum SMK, dan kerjasama hibah produk oleh Mitra Industri SMK.Kata Kunci: Guru Profesional, Alat Praktik, Kesiapan Kerja
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i2.3403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.