HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN

Imam Ulfi Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016,dan 3)i hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian experimen yang juga menguji hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Taman Karya Madya Teknik yang berjumlah 158 siswa dengan jumlah sampel 158 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 5,012 dengan p=0,000,2) ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 3,483 dengan p=0,001 dan 3) ada hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana Fhitung sebesar 21,918 dengan p=0,000.Kata kunci : Motivasi, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i2.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.