PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT TDSM KELAS X TSM DI SMKN 8 PURWOREJO TAHUN 2015/2016

Nur Hamid Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pembelajaran model STAD di SMKN 8 Purworejo; (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (3) mengetahui peningkatan kerjasama belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (4) mengetahui peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kerjasama siswa dan tes pilihan ganda pada setiap siklus. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan metode STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi gambar teknik. (2) Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 52% hasil observasi pada siklus I menjadi 73% dan pada siklus II menjadi 88%, (3) kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal 51%, observasi pada siklus I menjadi 71% dan pada siklus II menjadi 85%. (4) Prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar pada pembelajaran kompetensi gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo.Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas, kerjasama, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i2.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto