UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN DALAM SISTEM KOPLING DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM KERJA KELOMPOK SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 8 PURWOREJO

Fajar Budi Prasetyo Suyitno

Abstract


Tujuan penilitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran dengan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat sistem kopling teknik sepeda motor kelas XI TSM A SMK N 8 Purworejo, (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata diklat sistem kopling teknik sepeda motor krelas XI TSM A di SMK N 8 Purworejo dengan menggunakan pendekatan komunikatif, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata diklat sistem kopling teknik sepeda motor kelas XI TSM A di SMK N 8 Purworejo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: Angket , dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran dengan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat sistem kopling dapat dilaksanakan dengan langkah berikut : (a) Guru membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 4 sampai 5 siswa ; (b) Guru memberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan ; (c) Siswa memikirkan jawaban dari permasalahan yang disampaikan oleh guru; (d) Siswa mendiskusikan jawaban sesuai kelompok ; (e) Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap hasil pembelajaran serta diskusi kelompok, (2) Penerapan model pembelajaran pendektan komunikatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon motivasi belajar dengan rata – rata persentase 78,68% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 84,12% pada siklus II pelajaran sistem kopling (3) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan komunikatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti pada pra siklus nilai rata – rata 68,28 dengan ketuntasan 46,87% pada pra siklus meningkat menjadi rata – rata 75 dengan ketuntasan 71,87% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata – rata 78,75 dengan ketuntasan 84,37% pada siklus II dari jumlah 32 siswa.Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran pendekatan komunikatif

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i1.3383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.