PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM REM SISWA KELAS XII TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK PANCASILA KUTOARJO

Faisal Dwi Hermawan Widiyatmoko

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga sistem rem pada kelas XII TSM di SMK Pancasila Kutoarjo, 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga sistem rem pada kelas XII TSM di SMK Pancasila Kutoarjo, 3) Untuk mengetahui hasil belajar dari media pembelajaran alat peraga sistem rem pada kelas XII TSM di SMK Pancasila Kutoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Sebagai subjek adalah siswa kelas XII TSM SMK Pancasila Kutoarjo tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 33 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes menggunakan 20 soal yang masing-masing akan dikerjakan oleh kelas control dan eksperimen. Setelah semua data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan media yang telah melalui beberapa tahapan yang dilalui seperti desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan terakhir pemakaian produk, sampai menjadi bahan pembelajaran media alat peraga sistem rem maka didapatkan hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap multimedia yang sedang dibuat termasuk memperoleh skor 37 dengan presentase 74%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran ini termasuk kategori Cukup Valid. Dan dari penilaian ahli materi mendapat penilaian jumlah skor 35 dari total skor maksimal 50 dengan persentase 70% dinyatakan cukup valid untuk digunakan dalam penelitian. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas control 70.00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 75.00, terdapat selisih nilai antara kelas control dan kelas eksperimen dan juga hasil dari nilai rata-rata kelas eksperimen sudah sesuai standar KKM.Antara kelompok eksperimen dan kelompok control memiliki hasil belajar yang berbeda terhadap media pembelajaran stand alat peraga system rem dan terdapat adanya peningkatan hasil belajar sebesar 5,43%.Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belum menggunakan media pembelajaran alat peraga sistem rem dengan siswa yang sudah menggunakan media pembelajaran alat peraga sistem rem. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga sistem rem cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Pancasila Kutoarjo.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, alat peraga sistem rem

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i1.3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.