PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM AC TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Agny Ardiansyah Bambang Sudarsono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui peningkatkan kerjasama mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (2) untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup empat tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini/yang digunakan yakni Lembar Observasi , dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan kerjasama mahasiswa dari persentase rata-rata pada observasi pada pra siklus yaitu 47,1 %, observasi pada siklus I menjadi 64,6%, dan pada siklus II menjadi 79,2%, dan (2) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan pada hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata awal 65, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 71 dengan prosentase pencapaian 53,3% dan pada akhir siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 76,6%.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kerjasama, dan Hasil

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i1.3371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.