PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SYSTEM STARTER SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TKR DI SMK N 2 KEBUMEN

Dwi Setya Aji

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen, 2) Untuk menetahui ada atau tidaknya pengaruh minat beajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen, dan 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Jumlah sampel sampel 105 siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 2 Kebumen. Variabel perhatian orang tua dan minat belajar diperoleh menggunakan metode angket. Data prestasi belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap pestasi belajar mata pelajaran Sistem Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan t=4,821 dan =0,000. 2) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan t = 6,571 dan p=0,000 dan 3) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan F = 29,955 dan p=0,000.
Kata kunci : Perhatian orang tua, Minat, Prestasi Belajar, System Starter

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i1.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.