PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SYSTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Drajat Rilo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembuatan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, 2) mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, 3) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pengembangan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, dan 4) mengetahui motivasi dan hasil belajar system starter pada siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo setelah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 6,955 dan p=0,000) dan hasil belajar (thitung = 3,389 dan p=0,001) siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 32 orang telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, System Starter

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i1.3143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.