MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM REM DI KELAS XII SMK AL- HUSNA LOCERET NGANJUK

Darmaji Darmaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK AL – HUSNA Loceret Nganjuk tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 33 diantaranya 32 laki-laki dan 1 perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata dari pra siklus dengan persentase 25% berkategori kurang, naik menjadi 53% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 8,5 %. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 25 %, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), motivasi belajar, hasil belajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i1.3141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.