PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR MEKANIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK ASHIIQIAH BALINGSAL TAHUN PELAJARAN 2016

Danang Danang

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dengan mengguankan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran alat ukur mekanik di SMK Ashidiqiyah balingsal tahun 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR A dengan jumlah 27 siswa,istrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam teknik analisa data. Penelitian menggunakan statistik deskiptif. Berdasarkan hasil penelitian,siswa mengalami peningkatan aktifitas terhadap proses pembelajaran mata diklat alat ukur mekanik. Hal ini dilihat dari hasil siklus I dan siklus II. Siklus sudah terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang telah memenuhi KKM sebanyak 16 siswa dan siswa belum memenuhi KKM. Memenuhi KKM II siswa dengan nilai rata-rata 72,40 pada siklus II siswa meningkat bahwa yang memenuhi KKM II sebanyak 21 siswa yang belum memenuhi KKM I6 orang dengan nilai rata-rata siswa 77,59 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tersebut memenuhi KKM tersebut yaitu 76.00 dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar alat ukur mekanik siswa kelas X TKR A SMK Ashidiqiyah Balingsal setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indualization (TAI).
Kata kunci : hasil belajar,alat ukur,modal Teams Assisted Individualization (TAI)

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i1.3140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.